Mazmur 45:6-7
45:6 (45-7) Takhtamu kepunyaan Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya
1 ,
dan tongkat kerajaanmu adalah tongkat kebenaran.
45:7 (45-8) Engkau mencintai keadilan
dan membenci kefasikan;
sebab itu Allah, Allahmu, telah mengurapi
engkau dengan minyak sebagai tanda kesukaan,
melebihi teman-teman sekutumu.
Mazmur 72:1-2
Doa harapan untuk raja
72:1 Dari Salomo. Ya Allah, berikanlah hukum-Mu
kepada raja
2 dan keadilan-Mu kepada putera raja!
72:2 Kiranya ia mengadili umat-Mu dengan keadilan
dan orang-orang-Mu yang tertindas dengan hukum!
Ulangan 32:3-4
32:3 Sebab nama TUHAN
akan kuserukan:
Berilah hormat
kepada Allah kita,
32:4 Gunung Batu,
yang pekerjaan-Nya sempurna,
karena segala jalan-Nya adil, Allah yang setia,
dengan tiada kecurangan, adil
dan benar Dia.
Ulangan 32:2
32:2 Mudah-mudahan pengajaranku menitik laksana hujan,
perkataanku menetes laksana embun,
laksana hujan renai
ke atas tunas muda, dan laksana dirus hujan ke atas tumbuh-tumbuhan.
1 Samuel 23:3-4
23:3 Tetapi orang-orang Daud berkata kepadanya: "Ingatlah, sedangkan di sini di Yehuda kita sudah dalam ketakutan, apalagi kalau kita pergi ke Kehila, melawan barisan perang orang Filistin."
23:4 Lalu bertanya
pulalah Daud kepada TUHAN, maka TUHAN menjawab dia, firman-Nya: "Bersiaplah, pergilah ke Kehila, sebab Aku akan menyerahkan orang Filistin
itu ke dalam tanganmu.
"
Ayub 36:5-7
36:5 Ketahuilah, Allah itu perkasa,
namun tidak memandang hina apapun,
Ia perkasa dalam kekuatan akal budi.
36:6 Ia tidak membiarkan orang fasik hidup,
tetapi memberi keadilan
kepada orang-orang sengsara;
36:7 Ia tidak mengalihkan pandangan mata-Nya dari orang benar,
tetapi menempatkan mereka untuk selama-lamanya
di samping raja-raja
di atas takhta, sehingga mereka tinggi martabatnya.
Ayub 37:23
37:23 Yang Mahakuasa, yang tidak dapat kita pahami, besar kekuasaan
dan keadilan-Nya;
walaupun kaya akan kebenaran Ia tidak menindasnya.
Yesaya 11:3-5
11:3 ya, kesenangannya ialah takut
akan TUHAN. Ia tidak akan menghakimi dengan sekilas pandang
saja atau menjatuhkan keputusan menurut kata orang.
11:4 Tetapi ia akan menghakimi orang-orang lemah
dengan keadilan,
dan akan menjatuhkan keputusan terhadap orang-orang yang tertindas
di negeri dengan kejujuran;
ia akan menghajar
bumi
3 dengan perkataannya
seperti dengan tongkat, dan dengan nafas
mulutnya ia akan membunuh orang fasik.
11:5 Ia tidak akan menyimpang dari kebenaran dan kesetiaan
4 ,
seperti ikat pinggang
tetap terikat pada pinggang.
Yeremia 23:5
23:5 Sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku akan menumbuhkan Tunas
adil
5 bagi Daud. Ia akan memerintah
sebagai raja
yang bijaksana dan akan melakukan keadilan dan kebenaran
di negeri.
Wahyu 19:11
Firman Allah
19:11 Lalu aku melihat sorga terbuka
6 :
sesungguhnya, ada seekor kuda putih; dan Ia yang menungganginya
bernama: "Yang Setia dan Yang Benar
", Ia menghakimi dan berperang
dengan adil.
Wahyu 19:16
19:16 Dan pada jubah-Nya dan paha-Nya tertulis
suatu nama, yaitu: "Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan.
"
1 Full Life: TAKHTAMU ... ALLAH, TETAP UNTUK SETERUSNYA DAN SELAMANYA
Nas : Mazm 45:7-8
(versi Inggris NIV -- Takhta-Mu, ya Allah, tetap ... selamanya).
Kedua ayat ini akhirnya digenapi dalam Yesus Kristus. Penulis surat Ibrani
menerapkan ayat-ayat ini pada pemuliaan, keunggulan, kekuasaan, dan sifat
Kristus (Ibr 1:8).
- 1) Kekuasaan Kristus akan "sampai selama-lamanya" (Wahy 1:6). Raja
Mesias disebut "Allah" dalam ayat Mazm 45:7 berbeda dengan "Allahmu"
dalam ayat Mazm 45:8 (yaitu, Bapa). Perbedaan ini sesuai dengan
ajaran PB bahwa baik Kristus maupun Bapa adalah Allah sepenuhnya.
- 2) Di dalam Mazmur ini, sifat Kristus yang paling penting dilukiskan
dengan istilah kasih dan kebencian.
- (a) Ia mengasihi kebenaran, karena itu menandakan kerajaan-Nya.
Karena sukacita-Nya ditemukan di dalam melakukan kehendak Bapa
(Ibr 10:7), Ia sangat mengasihi kebenaran di dalam segenap
perwujudannya (bd. Ef 5:26; Ibr 13:12).
- (b) Sebagaimana Ia sangat mengasihi kebenaran, begitu pula Ia sangat
membenci kejahatan. Hal ini dijelaskan-Nya dengan mati disalib untuk
menghancurkan kejahatan dan menyelamatkan umat-Nya dari dosa-dosa
mereka (Mat 1:21). Ketika berada di bumi, Ia menghadapi
bermacam-macam dosa: suatu angkatan yang jahat (Mat 12:39),
benteng pertahanan ketidakbenaran Iblis (Mr 1:34-39), dan
kemunafikan di antara umat Allah (pasal Mat 23:1-39). Pada akhir
zaman Ia akan kembali untuk menegakkan kebenaran di atas bumi (pasal
Wahy 19:1-22:21).
- 3) Karena Yesus Kristus mengasihi kebenaran dan membenci kejahatan,
Allah mengangkat Dia di atas semua orang lain dengan mengurapi-Nya.
Pengurapan ini mengacu kepada kemuliaan, kebahagiaan, dan kekuasaan yang
diberikan Allah kepada-Nya. "Minyak kesukaan" (terj. versi Inggris NIV)
mengacu langsung kepada pengurapan-Nya dengan Roh Kudus (lih.
Mat 3:16-17; Gal 5:22-23;
lihat cat. --> Ibr 1:9).
[atau ref. Ibr 1:9]
- 4) Demikian pula, pencurahan Roh Kudus secara berkelimpahan atas umat
Allah hanya akan terjadi apabila mereka ikut merasakan kasih Kristus
yang sepenuh hati akan kebenaran. Lagi pula, hak untuk melayani sebagai
pemimpin rohani umat Allah akan dilandaskan pada kasih seperti Kristus
akan kebenaran dan penolakan gigih terhadap kejahatan (1Tim 3:1-7).
2 Full Life: RAJA.
Nas : Mazm 72:1-19
Menurut ayat Mazm 72:1, mazmur ini adalah doa Salomo selaku raja
Israel agar masa pemerintahannya ditandai keadilan, kebenaran, damai
sejahtera, pembinasaan kejahatan, dan pembebasan orang yang tertindas dan
miskin. Itu juga menunjuk kepada pemerintahan Yesus Kristus atas dunia
(lih. pasal Wahy 20:1-22:21) karena beberapa ayatnya dapat dikenakan
sepenuhnya kepada Dia saja (ayat Mazm 72:8,11,17; bd. pasal
Yes 11:1-5; 60:1-62:12). Doa ini mirip dengan doa dalam PB, "Datanglah
kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga" (Mat 6:10).
Bentuk doa ini harus timbul dari hati semua orang yang ingin melihat
Kristus memerintah sebagai raja dan kebenaran-Nya ditegakkan di bumi ini
(lihat cat. --> Wahy 21:1).
[atau ref. Wahy 21:1]
3 Full Life: IA AKAN MENGHAJAR BUMI.
Nas : Yes 11:4
Ayat ini mengacu kepada kedatangan kembali Kristus ke dunia untuk
menghukum dan membinasakan segala yang jahat (bd. 2Tes 1:6-10; 2:8;
Wahy 19:1-21). Kedatangan kembali untuk mengadakan pembalasan yang adil
ini diperlukan untuk menetapkan pemerintahan-Nya yang sempurna dan benar.
4 Full Life: KEBENARAN DAN KESETIAAN.
Nas : Yes 11:5
Kebenaran dan kesetiaan merupakan sifat integral pemerintahan
Mesias; keduanya juga menjadi tuntutan bagi semua orang yang akan memimpin
dalam gereja Mesias
(lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAAT).
5 Full Life: TUNAS ADIL.
Nas : Yer 23:5-6
Tunas (yaitu keturunan raja) Daud dipotong ketika Allah membinasakan
kerajaan Daud pada tahun 586 SM.
- 1) Tetapi, Allah berjanji untuk membangkitkan seorang raja dari
keturunan Daud yang akan menjadi Tunas adil; raja ini akhirnya dan
sepenuhnya akan melakukan apa yang benar dan adil (bd. Za 3:8).
Nubuat ini menunjuk kepada Mesias, Yesus Kristus.
- 2) Pelaksanaan hukuman sepenuhnya akan terjadi setelah kedatangan-Nya
yang kedua dan sebelum pemerintahan-Nya seribu tahun di dunia.
- 3) Ia akan disebut "Tuhan keadilan kita" (ayat Yer 23:6). Kaum sisa
yang percaya akan "berada dalam Dia bukan dengan kebenaran (mereka)
sendiri karena menaati hukum Taurat, melainkan dengan kebenaran karena
kepercayaan kepada Kristus, yaitu kebenaran yang Allah anugerahkan
berdasarkan kepercayaan" (Fili 3:9).
6 Full Life: AKU MELIHAT SORGA TERBUKA.
Nas : Wahy 19:11
Ayat ini menyatakan awal kedatangan Kristus kali kedua ke bumi
sebagai Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan (ayat Wahy 19:16).
Ia datang dari sorga sebagai Pejuang-Mesias (bd. 2Tes 1:7-8) untuk
menegakkan kebenaran dan keadilan (Mazm 96:13), untuk menghukum
bangsa-bangsa dan berperang melawan kejahatan (bd. Yoh 5:30). Inilah
peristiwa yang telah dinanti-nantikan oleh orang yang setia dari segala
angkatan.